Cara Ampuh Belajar Bahasa Inggris

Belajar Bahasa Inggris

Perkembangan zaman dan teknologi membuat kehidupan semakin mudah, di samping itu daya saing sesama manusia akan produktifitas global semakin sulit . Faktor utama yang mampu mendorong kesuksesan bersaing adalah komunikasi, karena dengan komunikasi kerja sama akan berjalan harmonis. Untuk berkomunikasi dibutuhkan bahasa yang mudah dimengerti oleh setiap orang di dunia. Dalam urusan berkomunikasi, bahasa inggris sangat populer digunakan karena memiliki kaidah penggunaan bahasa yang mudah dipahami dan merupakan bahasa internasional yang digunakan oleh negara-negara di dunia.

Belajar Bahasa Inggris

Bagi para pemula yang ingin belajar bahasa inggris mungkin akan lebih sulit dibanding dengan native speaker yang sejak kecil sudah menggunakan bahasa inggris sebagai bahasa sehari-hari, namun jangan pernah berfikir bahwa kita yang menggunakan bahasa indonesia sebagai bahasa ibu tidak mampu berkomunikasi menggunkan bahasa inggris. Dengan kerja keras dan niat yang kuat, kita mampu menguasai bahasa inggris. Belajar bahasa inggris dengan teknik yang benar akan memudahkan kita untuk menguasai bahasa inggris. Berikut ini adalah beberapa cara ampuh yang dapat digunakan untuk belajar bahasa inggris bagi yang siap mahir :

  1. Mulai Dengan Hal Yang Mendasar

Untuk memulai belajar bahasa inggris diawali dari hal yang paling mudah dan mendasar agar mudah untuk dipahami. Hal ini dilakukan untuk membangun sebuah pondasi yang kuat sehingga dalam memahami pembahasan berikutnya akan lebih mudah. Dalam tata bahasa inggris hal yang paling mendasar untuk dipelajari adalah penguasaan tenses, dengan begitu untuk pemahaman berikutnya sudah memiliki acuan kaidah bahasa inggris.

  1. Menjadikan Kebiasaan

Bisa karena biasa, begitu pula yang terajdi apabila kita ingin bisa menguasai bahasa inggris. Jika sebelumnya kita sering menggunakan bahasa Indonesia dalam kehidupan sehari-hari, cobalah untuk mengubah kebiasaan tersebut dengan menggunakan bahasa inggris dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Hal yang bisa dilakukan seperti kebiasaan mendengarkan musik berbahasa inggris dan menerjemahkan liriknya ke dalam bahasa Indonesia serta memperhatikan struktur grammar yang benar. Selain bentuk audio, belajar bahasa inggris juga dapat dilakukan dengan media video film. Dalam film berbahasa inggris coba kita tidak menggunakan subtitle dalam mencerna film tersebut. Perhatikanlah bagaimana bahasa tubuh, ungkapan, dan ekspresi yang dilakukan oleh aktor sehingga kita dapat menganalisis apa yang dilakukan oleh objek film tersebut.

  1. Kosa Kata

Seperti yang kita ketahui bahwa kamus adalah gudang dari kosa kata. Bagi kita yang sedang belajar bahasa inggris dan merasa penguasaan kosa katanya masih kurang hendaklah membawa kamus (pocket). Namun, perkembangan teknologi telah memudahkan kita sehingga informasi apa saja yang kita perlukan dapat dicari dengan mudah menggunakan gadget. Fasilitas yang dimiliki gadget untuk mempermudah kita belajar bahasa inggris adalah fitur translate dan aplikasi-aplikasi yang telah difungsikan sebagai kamus. Oleh karena itu kita dapat memahami bahasa inggris dengan lebih cepat.

  1. Menghafal

Gunakanlah penguasaan kosa kata dengan cara menghafal dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Untuk menghafalkan kosa kata dilakukan dengan kondisi yang rileks dan tenang sehingga tidak membebani pikiran kita. Lakukanlah dengan hal-hal yang sering berada di sekitar kita agar cepat untuk kita pahami dan menjaga ingatan tersebut.

  1. Percaya Diri

Setiap karakter sesorang dapat menentukan cepat atau lambatnya dalam memahami bahasa inggris. Seorang yang pemalu dan segan menggunakan bahasa inggris umumnya lebih lambat menguasai dibanding dengan orang yang berani menggunakan bahasa inggris walaupun masih salah pengungkapannya. Hal tersebut disebabkan karena dalam berbahasa yang dituntut adalah komunikasi, maka semakin banyak berkomunikasi akan semakin baik bahasa inggrisnya.

  1. Menyusun Target Belajar

Untuk mengukur sejauh mana kemampuan kita, maka perlu dibuat target pembelajaran dalam waktu yang ditentukan. Dalam menentukan target belajar jangan terlalu memaksakan diri jika tidak mampu untuk melaksanakannya. Sebagai contoh, dalam minggu pertama membuat target untuk menguasai 100 kosa kata, kemudian di minggu kedua bertambah menjadi 200 kosa kata baru, minggu berikutnya mampu membuat 100 kalimat dengan struktur kata yang tepat, selanjutnya terjemahkan dan ungkapkan dalam kehidupan sehari-hari.

  1. Belajar Kelompok

Jika mengalami kesulitan untuk belajar bahasa inggris sendirian, maka bentuklah kelompok belajar atau mengikuti les yang bertujuan untuk memecahkan suatu kendala yang sulit diselesaikan sendiri dan mengurangi kejenuhan dalam belajar.

  1. Tidak Mengeluh

Dalam proses belajar harus memiliki niat yang kuat agar setiap rintangan yang dihadapi dapat terselesaikan. Jika dalam belajar bahasa inggris dikatakan sulit, misalnya saja tentang pronounce yang memiliki pola penulisan sama dengan bahasa Indonesia tetapi berbeda cara membacanya. Benar bahwa tulisan alphabet Indonesia sama dengan alphabet inggris, namun pelafalan ejaan tersebut berbeda. Akan tetapi perlu diketahui bahwa orang inggris yang mempelajari bahasa Indonesia pun sulit untuk mempelajari hal tersebut. Oleh karenanya, wajar bagi pemula mengatakan hal yang demikian.

 

http://englishbridge.co.id