Tidak Kalah Penting Dengan Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia Juga Patut Untuk Dipelajari

bahasa indonesia

Bahasa merupakan alat komunikasi yang dilakukan lewat percakapan dengan menggunakan kata-kata. Di negara kita, bahasa Indonesia merupakan bahasa Nasional yang digunakan untuk berkomunikasi satu dengan yang lainnya. Bahasa Indonesia berfungsi mempersatukan berbagai suku, budaya serta ras yang ada di Indonesia. Bahasa Indonesia sangat penting untuk dipelajari lebih dalam bagi bangsa Indonesia, terutama para generasi muda penerus bangsa. Namun saat ini para generasi muda seakan mengabaikan pentingnya mempelajari bahasa Indonesia. Bahasa yang seharusnya kita pelajari dan pahami justru disepelekan oleh para generasi muda bangsa. Mereka menganggap bahwa belajar bahasa Indonesia itu akan membuang-buang waktu saja yang tidak begitu penting karena mereka merasa sudah bisa berbahasa Indonesia dan tidak harus lagi belajar bahasa Indonesia. Mereka juga menganggap bahwa pelajaran bahasa Indonesia itu membosankan sehingga mereka asyik dengan dunianya sendiri.

bahasa indonesia

Pernahkah Anda bertanya-tanya, apa manfaat belajar Bahasa Indonesia di sekolah atau di tempat lainnya? Bukankah setiap orang Indonesia pasti bisa berbahasa Indonesia? Ya memang benar, tapi apakah semua orang telah menggunakan bahasa Indonesia dengan cara yang tepat. Dari segi motivasi, belajar bahasa Indonesia amatlah berbeda dengan belajar bahasa asing yang justru lebih banyak peminatnya. Hal itu dapat dibuktikan dengan banyaknya tempat kursus bahasa asing yang lebih banyak peminatnya dibandingkan kursus bahasa Indonesia. Biasanya, belajar bahasa asing dianggap lebih dibutuhkan daripada bahasa Indonesia. Akan tetapi, bukan berarti belajar bahasa Indonesia itu tidak kalah penting untuk dilakukan. Jika Anda pahami, sebetulnya belajar bahasa Indonesia memiliki banyak manfaat bagi siapa saja yang mau mendalaminya. Apa sajakah manfaat itu, simak informasinya di bawah ini.

Membangkitkan rasa Nasionalisme

Jauh sebelum Indonesia merdeka bahasa Indonesia telah menjadi bahasa yang digunakan keseharian. Namun pada tahun 1928 melalui peristiwa Sumpah Pemuda, generasi muda saat itu para mengukuhkan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan dan sebagai bahasa nasional. Sejak saat itu, bahasa Indonesia digunakan sebagai alat komunikasi antar suku dan budaya yang bernaung di negara Indonesia. Oleh karena itu, salah satu manfaat belajar bahasa Indonesia adalah menumbuhkan sikap cinta tanah air. Sebagai generasi muda, mempelajari bahasa Indonesia akan menumbuhkan rasa memiliki terhadap Negara Indonesia.

Mendalami budaya

Bahasa merupakan salah satu unsur terpenting dalam kebudayaan. Mengapa demikian? Kosakata dalam suatu bahasa mencerminkan budaya suatu bangsa. Hal ini tercermin dalam peribahasa tentang pentingnya rasa cinta terhadap tanah air. Budaya hidup rukun di Indonesia tercermin dalam peribahasa “Bersatu Kita Teguh, Bercerai Kita Runtuh”. Begitu juga dengan peribahasa” Tiada Rotan, Akar pun Jadi”, menunjukkan budaya gigih bangsa Indonesia.

Ungkapan-ungkapan juga mencerminkan budaya. Misalnya, buah tangan yang bermakna oleh-oleh. Hal tersebut menunjukkan budaya kebersamaan. Biasanya kita akan membawa oleh-oleh untuk orang lain setelah bepergian sebagai hadiah.

Turut melestarikan Bahasa Indonesia

Hal yang tak kalah penting dari mempelajari bahasa Indonesia adalah turut melestarikannya. Jika suatu bahasa tidak lagi diucapkan, bahasa tersebut akan berpotensi hilang atau punah. Untuk mengatasi seringnya penggunaan kata serapan dari bahasa asing, Balai Bahasa sudah mengindonesiakan kosa kata asing. Misalnya, kata unggah untuk menggantikan upload, unduh untuk download, gawai untuk gadget, dan salindia untuk power point. Hal ini dilakaukan sebagai langkah agar masyarakat terbiasa menggunakan bahasa Indonesia dari pada menggunakan istilah asing dalam kehidupan sehari-hari.

Meningkatkan bakat dan kreativitas

Bertambahnya keterampilan yang dikuasai saat belajar bahasa Indonesia menunjukkan terasahnya kreativitas pada seseorang. Misalnya saja, melalui pelajaran Bahasa Indonesia Anda akan belajar bagaimana caranya berbicara di depan umum atau berpidato. Begitu juga dengan yang berbakat sebagai aktor dan artis. Anda pun dapat mengasah kreativitas menulis dengan memunculkan berbagai ide yang menarik dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik serta benar.

Mengasah rasa peka dan nalar

Insting atau rasa peka akan semakin terasah dengan mempelajari teks-teks berbahasa Indonesia. Pelajaran Bahasa Indonesia di sekolah fokus pada pemahaman daripada penguasaan kosa kata. Jadi, kepekaan dan penalaran akan terasah saat memahami soal-soal ujian Bahasa Indonesia. Misalnya, saat diminta untuk menentukan sebuah alur cerita. Anda harus betul memahami cerita tersebut, nah hal itu membutuhkan kepekaan dan penalaran.

Dapat berkomunikasi dengan baik dan benar

Manfaat belajar bahasa Indonesia adalah mengetahui cara berkomunikasi yang tepat. Kaidah menyusun kalimat efektif dapat kamu praktikkan dalam kehidupan sehari-hari agar orang lain memahami tulisan atau ucapanmu. Selain itu, orang yang menguasai bahasa akan berbicara dengan cara yang lebih santun serta elegan. Faktor-faktor komunikasi seperti lawan bicara, hal yang dibicarakan, dan tujuan berbicara sangat diperhitungkan saat berbicara. Mempelajari bahasa Indonesia akan semakin meningkatkan literasi dan kemampuan berkomunikasi pada seseorang.